PANTANG PULANG SEBELUM PADAM --- PANTANG PULANG SEBELUM PADAM

Jalan. Rasuna Said No. 56 Padang-Sumatera Barat, Telpon/Fax 0751-28558

Pages

Senin, 31 Oktober 2011

Rumah Pusako Terbakar

Rumah pusako semipermanen beserta bengkel mobil di RT01/RW01 No 28, Parakrumbio, Padang Selatan, kemarin (28/10), sekitar pukul 10.40, hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Seluruh isi rumah beserta peralatan bengkel, hangus di lalap si jago merah. Diduga, kebakaran diakibatkan arus pendek. Pengakuan pemilik rumah, Anwar Thamrin, 50, kejadian itu diketahui setelah dia menjemur mihun di halaman rumah pusako.

Saat itu, dia membuka pintu utama rumah tersebut. Setelah pintu utama dibuka, dia terkejut melihat ada api yang membesar di ruang makan. “Mengetahui rumah terbakar, saya langsung berteriak minta tolong dan meminta beberapa warga, untuk membantu memadamkan api dengan air seadanya. Namun, karena material rumah terbuat dari kayu, api sulit dipadamkan,” katanya.

Saat kejadian, kata Anwar, rumah dalam keadaan kosong. Sedangkan pemilik bengkel, Jon, 46, yang juga tinggal di rumah itu, sibuk memperbaiki mobil. “Jika ada, tentu akan ada korban. Sebab, api membesar hanya dalam hitungan detik,” ujarnya.

Pantauan Padang Ekspres di lokasi kejadian, saat kebakaran, ratusan warga sekitar termasuk pengendara yang melintas di Jalan AR Hakim, berbondong-bondong menyaksikan peristiwa kebakaran. Bahkan, ruas jalan di lokasi kejadian sempat macet, sehingga polisi lalu lintas terpaksa memblokir jalan tersebut. Yang dibolehkan melintas di jalan itu, hanya armada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang.

Mobil Damkar tiba di lokasi setelah 10 menit rumah tersebut terbakar dengan mengerahkan lima unit armada dan 30 personel. Api baru bisa dipadamkan setelah satu jam kemudian.

Kepala Dinas Damkar, Budhi Erwanto mengaku mengalami kesulitan selama proses pemadaman karena sumber air jauh. Budhi memperkirakan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

“Dugaan sementara, kebakaran akibat arus pendek pada ruang makan,” ujarnya. Korban kebakaran untuk sementara ditampung di tenda darurat yang disediakan PMI dan BPBD Padang. (sumber padek)

0 komentar:

Posting Komentar